Program Utilitas Anti Virus


PENDAHULUAN


A.Defenisi Anti Virus

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus - antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

B.Kelebihan dan Kekurangan Anti Virus

Kelebihan :
- Merupakan software Keamanan yang memberikan service real time bagi sebuah system.
- Software pendeteksi, pengahapus, penyembuh, dan pemblock akses yang tidak disetujui oleh sistem.
- Sebagai penangkal serangan program jahat dari luar area sistem.
- Bisa diibaratkan dokter bagi sistem kita.

Kekurangan :
- Memperlambat dan membebani kinerja sistem.
- Fals alarm (Kesalahan pendeteksian) dan kesalahan Menghapus file-file penting,
- Sepertinya lebih banyak kelebihan daripada kekuranganya.


C.Cara Kerja Anti Virus

Cara Pertama : Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signatureatau istilah lainnya adalah virus signature database: Cara kerja antivirus inimerupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh jenis antivirus tradisional, yangmencari tanda-tanda dari keberadaan suatu virus pada komputer denganmenggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh penciptaantivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, kemampuanpengapusan virus dan juga beberapa kategori yang lain. dengan cara ini perangkatlunak antivirus dapat dikatakan cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksikeberadaan virus-virus yang telah dianalisa oleh pembuat antivirus, tapi caratradisional ini tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga nanti basis data virussignature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem.

Cara Kedua : Pendeteksian dengan cara melihat bagaimana virus itu bekerja :Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dariteknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System. Cara ini seringdinamakan juga sebagai Behavior – blocking detection. Cara ini memakai kebijakanyang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika terdapattanda-tanda pada perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut kebijakan yangditerapkan, contohnya adalah sebuah perangkat lunak yang mencoba melakukanpengaksesan address book atau buku alamat untuk mengirimkan e-mail secaramassal kepada alamat email yang berada di dalam address book tersebut (hal inisering dipakai oleh virus untuk menularkan virus dari satu ke komputer ke komputer lain melalui akses internet dengan fasilitas email), dengan mengetahui cara kerjavirus tersebut maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan olehperangkat lunak yang bergerak tidak wajar akibat virus tersebut. 

D.Jenis Anti Virus

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu pengguna rumah (home user) dan pengguna jaringan/perusahaan (network/corporate user. Untuk pengguna rumah, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan, antivirus dapat melakukan pemindaian di komputer-komputer klien dan jaringan drive. Selain itu, proses pembaruan komputer klien dalam jaringan tidak harus langsung dari internet. Komputer klien dapat melakukan pembaruan langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya terbagi menjadi sebagai beikut:
  1. Antivirus gratis (free antivirus) : antivirus yang diperoleh secara gratis,
  2. Antivirus trial (trial antivirus)  : antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu,
  3. Antivirus donasi (donation antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi, dan
  4. Antivurs berbayar (paid antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

Software Anti Virus

A. Cara Install & Melakukan Scan Pada Komputer

Baik disini saya  akan menjelaskan tentang bagaimana cara menginstal sebuah program anti virus yang mana disini saya akan menjelaskan dengan 1 dari berbagai anti virus yang ada.dan memang saya gunakan untuk saat ini yaitu Avast Anti Virus (Free Anti Virus)



Berikut Langkah-Langkah Penginstalan:

Buka software instalasi Avast Anti Virus , lalu Pilih lah Instalasi Express ( Instalasi Cepat), seperti gambar berikut:


Tunggu proses instalasi beberapa saat hingga selesai


Proses instalasi Avast Anti Virus sudah selesai



Baik Berikut cara melakukan scan atau pemindaian Anti Virus pada sistem komputer anda :

Buka aplikasi Avast Anti Virus yang ada di dekstop atau pun bisa anda buka dari try icon


Lalu pilihlah tab Pemidaian Komputer. dan disini anda bisa memilih beberapa cara pemindaian yang djelaskan pada gambar dibawah


Berikut gambar pengscan nan  dilakukan.dan tunggu hingga proses pemindaian (scan)  selesai.untuk memastikan komputer anda aman dari Virus atau terdapat Virus yang berbahaya yang terdeteksi












Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Com-HF | All About Computer - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger